WARTA SUNDA ONLINÉ

BENTANG TAMU

Live Report : Dua rumah di Kp. Cibodas

Live Report: Kondisi terkini Dua rumah di Kp. Cibodas Desa Panyindangan, Sukatani, Purwakarta jam 04.00 WIB jebol oleh tingginya...

CAMPALA MEDAR

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sampurasun. Pamaos Baraya Warta Sunda. SAKANTET UCAP LEBARAN 1445 H / 2024 M Bagéan ka-1 "Ti langit nu pangtebihna, dugi ka balébat panganggangna, nguyang muara hampura. Mugia langgeng dina wening ati. Wilujeng Boboran Siam." Cag. Bhaktos pun Anto Sukanto.

SUBCHAN ZE: YANG TERLUPAKAN



SUBCHAN ZE: YANG TERLUPAKAN

"Subchan ZE (Wakil Ketua MPRS)sering berdebat dengan DN Aidit(Ketua CC PKI/Wakil Ketua MPRS).Subchan bisa mengimbangi dielaktika yang digunakan dalam cara berpikir seorang Komunis,membuat Aidit Kewalahan,pada acara-acara TV maupun Seminar-seminar"

"Pada usia 36,Dalam situasi krisis menjelang runtuhnya orde lama pada kurun 1964-1965,Subchan melesat bak meteor saat ia mempelopori  KAP Gestapu/PKI .Ia dipercanyai sebagai satu-satunya Tokoh Muda NU yang bisa menggerakkan semua komponen antikomunis,PMII,HMI,Ansor,PMKRI,NU,Muhammadiyah dan elemen lain yang anti komunis.Sekaligus mengkritisi gerakan otorisme Soekarno"

" Waktu itu posisi Subchan pro Jendral
AH Nasution (Ketua MPRS),sedang Idham berpihak pada Soeharto"

"Pada Umur 30 tahunan,Subchan dikenal sebagai seorang brilliant dibidang pemikiran ekonomi Indonesia,seorang ekonom yang disegani ,yang sering diajak diskusi antara lain Emil Salim,Radius Prawiro,Yunus Yahya dll"

Haji Mas Subchan Zaenuri Echsan ,lahir di Kepanjen  Malang Jawa Timur,pada tanggal 29 Januari 1929.Ia adalah anak ke empat dari 13 bersaudara ,pasangan H.Rochlan Ismail dengan Hj.Siti Masnichah

Pada umur 14 tahun Subchan ZE diserahi tugas memimpin rokok cap kucing ,milik ayah angkatnya H.Zaenuri Echsan(beristri Ibu Maesaroh/bibinya).

Subchan ZE,adalah pemimpin yang merangkak dari bawah ,sejak menjadi pandu NU dalam kepanduan Hizbul Wathan dari salah satu tokoh sentral pendiri PMII,ia juga pempin cabang NU Kudus kemudian menjabat Ketua Umum PBNU.Beliau mampu berbahasa Belanda dan Inggris

Generasi muda NU mungkin sudah banyak yang tak kenal Subchan ZE ,sebuah Tokoh Fenomenal dalam tubuh NU yang Wafat tragis.Dugaan 
Sejumlah aktivis percaya bahwa Subchan dibunuh ,saat menunaikan ibadah Haji,bersamaan Ali Murtopo(kubu Soeharto)pun berada di Tanah Suci Arab ketika itu.

16 Zulhijah 1392H/21 Januari 1973,Bangsa Indonesia dikagetkan sebuah berita besar tentang kecelakaan yang menimpa tokoh Nasional HM Subchan ZE diArab Saudi,waktu itu almarhum sedang melaksanakan ibadah Haji yang ke tujuh.Subchan sekeluarga menunaikan ibadah haji dengan pesawat khusus yang berisi belasan orang.Dalam perjalanan dari Mekah menuju Madinah ,mobil Marcedez Benz baru yang terkenal anti selip itu mengalami kecelakaan pecah ban.Banyak yang tercenung lama mendengar pemberitaan RRI dan beberapa koran yang terbit kala itu.

Subchan ZE adalah idola kaum muda yang tengah keramjingan politik,pernyataan dan pidato Subchan selalu menjadi bahasan masyarakat kala itu dari tingkat bawah hingga tingkat atas.Sibchan mirip penyanyi rock'n roll terkenal tahun 1950-an AS Elvis Presley membuat Subchan juga bagaikan selebritis di zamannya.

Subchan ZE menjadi bintang antara tahun 1967-1972,dialah yang pertama kali berani melawan arus menentang keinginan penguasa,dimana ia selalu menyuarakan demokrasi dan kejujuran.Ia mengkritik Mentri Dalam Negri Amir Machmud sebagai penanggung jawab pelaksanaan pemilu yang bergelagat tidak adil.Pemilu 1971,sangat sarat kecurangan untuk melahirkan kekuatan politik baru yang semakin menguatkan Orde Baru.

Semasa hidup ,Subchan memiliki tiga stap pribadi yang semua menjadi tokoh,Asnawi Latif (mantan Ketua PP IPNU/mantan anggota DPR RI),HM Zamroni (mantan anggota DPR RI,dan Drs.H.Umar Basalim mantan sekjen MPR RI /Rektor Universitas Nasional Jakarta.

Tafsiran Saban dalam buku Sang Maesro ,tafsiran kaum aktivis saat itu macam-macam saat itu ,banyak diantaranya mengira Subchan dibunuh,hampir tidak ada aktivis yang menganggap dia itu mati secara wajar.para aktivis beranggapan bahwa mobil yang di naikinSubchan bukan mengalami kecelakaan tapi ditabrak.Setelah  HM Syauqi Taher wafat,sehingga semakin menjauhkan cerita kenyataan adanya konsfirasi dibalik kecelakaan itu.

NU sudah mengikhlaskan kepergian Subchan ZE.Tapi keterbukaan kematian Subchan adalah demi kepuasan sejarah.Jika saja ada rekayasa ,tentu hal itu akan kita kembalikan pada Alloh SWT ,yang memiliki pengadilan paling sempurna.

Namun ,setidaknya akan menjadi hiburan bagi warga NU dan pencinta Demokrasi di Indonesia jika nama Subchan kembali di munculkan serta jasa-jasanya,misalnya ditetapkan sebagai pahlawan Nasional.Sebab nama itu tak harus tenggelam karena kemauan politik.Perubahan Politik Harus menjadi momentum memunculkan kembali nama Subchan ZE.

Subchan sebagai personifikasi NU,hal itu menunjukan bahwa sebagai organisasi dengan nama besar NU selalu tampil memberikan jalan bagi bangsa ini ketika menghadapi krisis Nasional,baik diminta atau tidak.Ini menunjukan bahwa peran NU sangat dominan dalam membangun dan mempertahankan Republik ini baik melalui masanya maupun tokoh elitnya yang tampil saat krisis pecah ,ketika pemimpin yang lain kehilangan legitimasinya.

Disusun Oleh : 
ACEP AAN,S.AG.
- Ketua PAC IPNU Kec.Sukaratu
- Wakil Ketua PC.IPNU Kab.Tasikmalaya
- Ketua PC.IPNU Kotip Tasikmalaya
- Pengurus PC.PMII Tasikmalaya
- Deklarator FPUB 1997 Forum Persaudaraan Umat Beragama TASIKMALAYA
- Peserta Kongres PP.Pagar Nusa Pusat Jakarta 2007/Dewan Khos PC.Pagar Nusa Kota Tasikmalaya 2024- 2028.
- KOORDINATOR Forum Silaturahmi Ekonomi Kreatif Desa Budaya Prov.Jawa Barat

Tasikmalaya,April 2024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUBCHAN ZE: YANG TERLUPAKAN"

Posting Komentar